Minggu, 07 Maret 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (bagian 5 Sumber Belajar)

 

SUMBER BELAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber Belajar

semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.



Sumber belajar mempunyai empat ciri pokok (Sudjana, 1989: 80) yaitu:

1.      Sumber belajar mempunyai daya atau kekuatan yang dapat memberikan sesuatu yang kita perlukan dalam prosespengajaran. Jadi, walaupun sesuatu daya, tetapi tidak memberikan sesuatu yang kita inginkan sesuai dengan tujuan pengajaran, maka sesuatu daya tersebut tidak dapat disebut sebagai sumber belajar.

2.      Sumber belajar merubah tingkah laku yang lebih sempurna, sesuai dengan tujuan. Apabila dengan sumber belajar malah membuat seseorang berbuat dan bersifat negatif maka sumber belajar tersebut tidak dapat disebut sebagai sumber belajar. Misalnya setelah seseorang menonton film, ada isi/pesan, film tersebut mempunyai dampak negatif terhadap dirinya maka film tersebut bukanlah sumber belajar.

3.      Sumber belajar dapat dipergunakan secara sendiri-sendiri (terpisah), tetapi tidak dapat digunakan secara kombinasi (gabungan). Misalnya sumber belajar material dapat dikombinasi dengan devices dan strategi (metode). Sumber belajar modul dapat diri sendiri.

4.       Sumber belajar secara bentuk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber belajar yang dirancang (by designed), dan sumber belajar yang tinggal pakai (by utilization).


 

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR

Prinsip pengembangan sumber belajar mencakup tiga hal

sebagai berikut:

1.      Dasar Pengembangan

a.    Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni begitu cepat

b.    Waktu yang tersedia untuk belajar secara tatap muka antara pembelajar dan pemelajar terbatas

c.    Masing-masing pemelajar memiliki gaya belajar yang berbeda-beda

d.    Pemelajar perlu dilatih mencari, menemukan, mengolah, dan menggunakan informasi secara mandiri

e.    Sumber belajar yang ada perlu dimanfaatkan secara terintegrasi dan optimal

f.     Pusat sumber belajar dapat dijadikan sebagai penggerak dalam mengatasi berbagai masalah belajar

2.      Tujuan Pengembangan

a.       Memenuhi kebutuhan pemelajar dalam belajar sesuai dengan gaya belajarnya

b.      Memberikan kesempatan kepada pemelajar untuk memilih sumber belajar sesuai dengan karakteristiknya.

c.       Memberikan kemampuan kepada pemelajar dengan menggunakan berbagai sumber.

d.      Mengatasi masalah individual pemelajar dalam belajar

e.       Memberikan kesempatan kepada pemelajar mengembangkan berbagai model pembelajaran

f.        Membantu pembelajar mengatasi masalah-masalah dalam pengembangan sistem pembelajaran.

g.      Mendorong penggunaan pendekatan pembelajaran yang baru, kreatif, dan inovatif.

h.      Mendorong terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan.

i.        Mensinergikan penggunaan semua sumber belajar sehingga tujuan belajar tercapai secara efektif dan efesien

3.      Komponen Pengembangan

Pesan, Orang, Bahan, Alat, Prosedur, Lingkungan dan Pengelolaan

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...