SUMBER BELAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber Belajar
semua sumber baik
berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik
dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga
mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai
kompetensi tertentu.
Sumber belajar mempunyai empat ciri pokok (Sudjana, 1989: 80)
yaitu:
1.
Sumber
belajar mempunyai daya atau kekuatan yang dapat memberikan sesuatu yang kita
perlukan dalam prosespengajaran. Jadi, walaupun sesuatu daya, tetapi tidak
memberikan sesuatu yang kita inginkan sesuai dengan tujuan pengajaran, maka
sesuatu daya tersebut tidak dapat disebut sebagai sumber belajar.
2.
Sumber
belajar merubah tingkah laku yang lebih sempurna, sesuai dengan tujuan. Apabila
dengan sumber belajar malah membuat seseorang berbuat dan bersifat negatif maka
sumber belajar tersebut tidak dapat disebut sebagai sumber belajar. Misalnya
setelah seseorang menonton film, ada isi/pesan, film tersebut mempunyai dampak
negatif terhadap dirinya maka film tersebut bukanlah sumber belajar.
3.
Sumber
belajar dapat dipergunakan secara sendiri-sendiri (terpisah), tetapi tidak
dapat digunakan secara kombinasi (gabungan). Misalnya sumber belajar material
dapat dikombinasi dengan devices dan strategi (metode). Sumber belajar modul
dapat diri sendiri.
4.
Sumber belajar secara bentuk dapat dibedakan
menjadi dua, yaitu sumber belajar yang dirancang (by designed), dan sumber
belajar yang tinggal pakai (by utilization).
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
Prinsip
pengembangan sumber belajar mencakup tiga hal
sebagai berikut:
1.
Dasar
Pengembangan
a.
Perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni begitu cepat
b.
Waktu
yang tersedia untuk belajar secara tatap muka antara pembelajar dan pemelajar
terbatas
c.
Masing-masing
pemelajar memiliki gaya belajar yang berbeda-beda
d.
Pemelajar
perlu dilatih mencari, menemukan, mengolah, dan menggunakan informasi secara
mandiri
e.
Sumber
belajar yang ada perlu dimanfaatkan secara terintegrasi dan optimal
f.
Pusat
sumber belajar dapat dijadikan sebagai penggerak dalam mengatasi berbagai
masalah belajar
2.
Tujuan Pengembangan
a.
Memenuhi
kebutuhan pemelajar dalam belajar sesuai dengan gaya belajarnya
b.
Memberikan
kesempatan kepada pemelajar untuk memilih sumber belajar sesuai dengan
karakteristiknya.
c.
Memberikan
kemampuan kepada pemelajar dengan menggunakan berbagai sumber.
d.
Mengatasi
masalah individual pemelajar dalam belajar
e.
Memberikan
kesempatan kepada pemelajar mengembangkan berbagai model pembelajaran
f.
Membantu
pembelajar mengatasi masalah-masalah dalam pengembangan sistem pembelajaran.
g.
Mendorong
penggunaan pendekatan pembelajaran yang baru, kreatif, dan inovatif.
h.
Mendorong
terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan.
i.
Mensinergikan
penggunaan semua sumber belajar sehingga tujuan belajar tercapai secara efektif
dan efesien
3.
Komponen
Pengembangan
Pesan, Orang, Bahan, Alat, Prosedur,
Lingkungan dan Pengelolaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar