Senin, 20 November 2023

materi "ENERGI" Kelas 8 SMP

 

Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Semua kegiatan dalam kehidupan sehari-hari melibatkan perubahan bentuk energi.

Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi yang terkait dengan gerakan dan posisi suatu benda. Terdiri dari dua jenis:

1.      Energi Kinetik: Energi yang terkait dengan gerakan benda. Rumusnya:

Ek = ½ mv2

di mana m adalah massa dan v adalah kecepatan benda.

2.      Energi Potensial: Energi yang terkait dengan posisi suatu benda dalam medan gravitasi atau medan gaya lainnya. Contoh: Energi potensial gravitasi dan elastis.

Rumus energi potensial yang terkait dengan letak benda

Ep = m g h

dimana m adalah massa (kg), g adalah gravitasi bumi (m/s2) dan h adalah ketinggian benda (m)

contoh soal:

nomor 1

Budi mengendarai sepeda dengan massa total 75 kg. kemudian sepedanya bergeraka dengan kecepatan 10 m/s. Tentukan energi kinetic yang dihasilkan oleh budi dan sepedanya!

diketahui,

m = 75 kg

v = 10 m/s

ditaanya Ek = …. ?

Jawab

Ek        = ½ mv2

= ½ x 75 x 102

= ½ x 75 x 100

            = 3750 Joule

Jadi besar energi kinetic nya adalah 3.750 Joule

nomor 2

Pohon kelapa di kebun Budi sudah berbuah, hari ini Budi akan mengambil 1 buah kelapa yang memiliki ketinggian 5 meter. buah kelapa yang akan diambil memiliki massa 3 kg. tentukan energi potensial yang dimiliki oleh buah kelapa tersebut jika percepatan gravitasi di tempat tersebut sebesar 10 m/s2!

Diketahui

h = 5 meter

m = 3 kg

g = 10 m/s2

Ditanya Ep = ….?

Jawab

Ep        = m g h

            = 3 x 10 x 5

            = 150 Jouke

Jadi besar energi potensial yang dimiliki sebesar 150 Joule

 

Kerjakan soal berikut ini

1.      Rudi bermain mobil balap mainan. mobil ini memiliki massa 1 kg kemudian mobil bergerak dengan kecepatan 5 m/s. tentukan energi kinetic yang dihasilkan oleh mobil mainan tersebut.

2.      Mobil yang sedang bergerak memiliki energi kinetic sebesar 200.000 Joule dan memiliki massa 1 ton (1.000 kg). tentukan kecepatan mobil tersebut!

3.      Joni bersepeda di pagi hari. joni memiliki energi kinetik sebesar 5.000 Joule dan bergerak dengan kecepatan 10 m/s. berapakah massa total joni dan sepedanya?

4.      Sebuaha ranting pohon yang sudah kering berada pada ketinggian 5 meter dan memiliki massa 2 kg. berapakah besar enegi potensial ranting tersebut jika percepatan gravitasinya 10 m/s2?

5.      Tini sedang berlatih loncat indah di sebuah kolam renang. Energi potensial yang dimiliki Tini sebesar 2.500 Joule dan ketinggian papan loncatnya 5 meter. jika percepatan gravitasi 10 m/s2. tentukan massa Tini!

6.      Sebuah kardus terjatuh dari lantai 2 yang memiliki ketinggian 6 meter. kardus ini sebelum jatuh memiliki energi potensial sebesar 180 Joule. berapakah massa yang dimiliki kardus tersebut jika percepatan gravitasinya 10 m/s2 !

7.      Budi mengikuti kegiatan lari marathon. budi berlari dengan kecepatan 5 m/s dan memiliki massa 60 kg. hitunglah energi kinetic yang dihasilkan budi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...