Minggu, 07 Maret 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (bagian 2 strategi)

 

STRATEGI MEMADUKAN TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN

 

Peran dan Fungsi Media Pembelajaran

1.      Media Sebagai Sumber Belajar

sumber belajar sebagai pengalamanpengalaman yang pada dasarnya sangat luas. Pengalaman belajar bias dalam berbagai bentuk seperti melalui membaca, searching internet, diskusi dan tanya jawab, mendengarkan media audio, dan lain-lain. Dengan perkembangan teknologi multimedia sebagai sumber belajar, pesan, informasi dan pengetahuan baru dapat diakses lebih mudah dan tanpa batas.

2.      Fungsi Semantik

Berbagai jenis media dapat berfungsi semantik, seperti kamus, glosari, internet, guru, kaset, radio, TV dan lain-lain. Dalam hal ini medi pembelajaran berfungsi mengkonkretkan ide dan memberikan kejelasan agar pengetahuan dan pengalaman belajar dapat lebih jelas dan lebih mudah dimengerti

3.      Fungsi Manipulatif

kemampuan media dalam menampilkan kembali suatu benda atau peristiwa dengan berbagai cara, sesuai kondisi, situasi, tujuan dan sasarannya. Manipulasi ini seringkali dibutuhkan oleh para pendidik untuk menggambarkan suatu benda yang terlalu besar, terlalu kecil, atau terlalu berbahaya serta sulit diakses mungkin karena letak dan posisinya yang jauh atau prosesnya terlalu lama untuk observasi dalam waktu yang terbatas.

4.      Fungsi Fiksatif (Daya Tangkap atau Rekam)

berkaitan dengan kemampuan suatu media untuk menangkap, menyimpan, menampilkan kembali suatu objek atau kejadian yang sudah lama terjadi. Artinya, fungsi fiksatif ini terkait dengan kemampuan merekam (record) media pada suatu peristiwa atau objek dan menyimpannya dalam waktu yang tidak terbatas sehingga

sewaktu-waktu dapat diputar kembali ketika diperlukan.

5.      Fungsi Distributif

memiliki dua fungsi di dalamnya yaitu mengatasi batas-batas ruang dan waktu, juga mengatasi keterbatasan inderawi manusia. Contoh media yang memiliki fungsi distributif adalah TV, TV memberikan informasi, hiburan, dan berbagai pengetahuan yang dapat dilihat oleh berbagai orang di berbagai tempat dan kondisi yang berbeda. Seseorang dapat mengetahui kejadian, berita, atau informasi dari tempat lain tanpa harus dating langsung ke tempat tersebut, tetapi melalui tayangan televisi.

6.      Fungsi Psikologis

Fungsi atensi. Media pembelajaran dapat mengambil perhatian (attention catcher) peserta didik terhadap materi yang dibahas. dalam merancang suatu media pembelajaran perlu dipertimbangkan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran dan materi yang dibahas

Fungsi afektif. yang terpenting bagi seorang guru ialah mampu menyiapkan media yang mampu membangkitkan minat dan membentuk sikap siswa terhadap stimulus yang diberikan. Menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat meningkatkan sambutan atau penerimaan siswa terhadap stimulus tertentu.

Fungsi kognitif. media memberikan pengetahuan dan pemahaman baru kepada peserta didik tentang sesuatu hal.

Fungsi psikomotorik. Untuk melatih kemampuan psikomotorik anak, guru dapat memanfaatkan media sesuai keterampilan yang diharapkan pada siswa.

Fungsi imajinatif. imajinasi adalah proses penciptaan suatu objek atau peristiwa tanpa memanfaatkan data sensoris dan indera. Imajinasi ini mencakup penimbulan atau kreasi objek-objek baru sebagai rencana masa mendatang. Potensi imajinatif peserta didik perlu ditumbuhkan sebab dari imajinasi tersebut seringkali melahirkan karya-karya kreatif dan inovatif.

Fungsi motivasi. penggunaan media dapat meningkatkan daya ingat peserta didik. Hal ini dapat disebabkan meningkatnya perhatian dan motivasi peserta didik terhadap materi pembelajaran yang dibahas menggunakan pemanfaatan media pembelajaran.

7.      Fungsi Sosio-Kultural.

Peserta didik dalam jumlah besar dengan adat, kebiasaan, lingkungan dan pengalaman yang berbeda-beda sangat mungkin memiliki persepsi dan pemahaman yang tidak sama tentang suatu topic pembelajaran. Disinilah fungsi media mampu memberikan rangsangan, memberikan pemahaman tentang perlunya menjaga keharmonisan dan saling menghargai perbedaan yang ada.

 

Manfaat Media Pembelajaran

1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)

2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera,

3.      Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar

4.      Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai serta mencapai tujuan pembelajaran

5.      Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal

6.      Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain

 

Menciptakan Pengalaman Belajar Anak

Hal yang dapat membantu guru dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa yaitu:

1.      Multimetode

cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal seperti ceramah, demonstrasi, diskusi.

2.      Multimedia

Media pembelajara merupakan seluruh alat dan bahan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. multimedia dapat digunakan dengan bentuk tutorial, simulasi, dan pengolahan data.

 

Pemilihan Media Pembelajaran

prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu (Raharjo):

1.      Harus ada kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran

2.      Karakteristik Media Pembelajaran (familiaritas media), Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik

3.      Alternatif Pilihan, yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...