STRATEGI MEMADUKAN
TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Peran dan Fungsi
Media Pembelajaran
1.
Media Sebagai
Sumber Belajar
sumber belajar
sebagai pengalamanpengalaman yang pada dasarnya sangat luas. Pengalaman belajar
bias dalam berbagai bentuk seperti melalui membaca, searching internet, diskusi
dan tanya jawab, mendengarkan media audio, dan lain-lain. Dengan perkembangan
teknologi multimedia sebagai sumber belajar, pesan, informasi dan pengetahuan
baru dapat diakses lebih mudah dan tanpa batas.
2.
Fungsi
Semantik
Berbagai jenis
media dapat berfungsi semantik, seperti kamus, glosari, internet, guru, kaset,
radio, TV dan lain-lain. Dalam hal ini medi pembelajaran berfungsi
mengkonkretkan ide dan memberikan kejelasan agar pengetahuan dan pengalaman
belajar dapat lebih jelas dan lebih mudah dimengerti
3.
Fungsi
Manipulatif
kemampuan media
dalam menampilkan kembali suatu benda atau peristiwa dengan berbagai cara,
sesuai kondisi, situasi, tujuan dan sasarannya. Manipulasi ini seringkali
dibutuhkan oleh para pendidik untuk menggambarkan suatu benda yang terlalu
besar, terlalu kecil, atau terlalu berbahaya serta sulit diakses mungkin karena
letak dan posisinya yang jauh atau prosesnya terlalu lama untuk observasi dalam
waktu yang terbatas.
4.
Fungsi
Fiksatif (Daya Tangkap atau Rekam)
berkaitan dengan
kemampuan suatu media untuk menangkap, menyimpan, menampilkan kembali suatu
objek atau kejadian yang sudah lama terjadi. Artinya, fungsi fiksatif ini
terkait dengan kemampuan merekam (record) media pada suatu peristiwa atau objek
dan menyimpannya dalam waktu yang tidak terbatas sehingga
sewaktu-waktu
dapat diputar kembali ketika diperlukan.
5.
Fungsi
Distributif
memiliki dua
fungsi di dalamnya yaitu mengatasi batas-batas ruang dan waktu, juga mengatasi
keterbatasan inderawi manusia. Contoh media yang memiliki fungsi distributif
adalah TV, TV memberikan informasi, hiburan, dan berbagai pengetahuan yang
dapat dilihat oleh berbagai orang di berbagai tempat dan kondisi yang berbeda.
Seseorang dapat mengetahui kejadian, berita, atau informasi dari tempat lain
tanpa harus dating langsung ke tempat tersebut, tetapi melalui tayangan
televisi.
6.
Fungsi
Psikologis
Fungsi atensi.
Media pembelajaran dapat mengambil perhatian (attention catcher) peserta
didik terhadap materi yang dibahas. dalam merancang suatu media pembelajaran
perlu dipertimbangkan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran dan
materi yang dibahas
Fungsi afektif.
yang terpenting bagi seorang guru ialah mampu menyiapkan media yang mampu
membangkitkan minat dan membentuk sikap siswa terhadap stimulus yang diberikan.
Menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat meningkatkan
sambutan atau penerimaan siswa terhadap stimulus tertentu.
Fungsi kognitif.
media memberikan pengetahuan dan pemahaman baru kepada peserta didik tentang
sesuatu hal.
Fungsi
psikomotorik. Untuk melatih kemampuan psikomotorik anak, guru dapat
memanfaatkan media sesuai keterampilan yang diharapkan pada siswa.
Fungsi imajinatif.
imajinasi adalah proses penciptaan suatu objek atau peristiwa tanpa
memanfaatkan data sensoris dan indera. Imajinasi ini mencakup penimbulan atau
kreasi objek-objek baru sebagai rencana masa mendatang. Potensi imajinatif peserta
didik perlu ditumbuhkan sebab dari imajinasi tersebut seringkali melahirkan
karya-karya kreatif dan inovatif.
Fungsi motivasi.
penggunaan media dapat meningkatkan daya ingat peserta didik. Hal ini dapat
disebabkan meningkatnya perhatian dan motivasi peserta didik terhadap materi pembelajaran
yang dibahas menggunakan pemanfaatan media pembelajaran.
7.
Fungsi
Sosio-Kultural.
Peserta didik
dalam jumlah besar dengan adat, kebiasaan, lingkungan dan pengalaman yang
berbeda-beda sangat mungkin memiliki persepsi dan pemahaman yang tidak sama
tentang suatu topic pembelajaran. Disinilah fungsi media mampu memberikan
rangsangan, memberikan pemahaman tentang perlunya menjaga keharmonisan dan
saling menghargai perbedaan yang ada.
Manfaat Media Pembelajaran
1.
Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata
tertulis atau lisan belaka)
2.
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera,
3.
Pembelajaran akan
lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
4.
Bahan pembelajaran
akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa dan
memungkinkannya menguasai serta mencapai tujuan pembelajaran
5.
Metode mengajar
akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal
6.
Siswa dapat lebih
banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru,
tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan,
memerankan, dan lain-lain
Menciptakan Pengalaman Belajar Anak
Hal yang dapat
membantu guru dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa yaitu:
1. Multimetode
cara yang
digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata
agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal seperti ceramah,
demonstrasi, diskusi.
2.
Multimedia
Media pembelajara merupakan
seluruh alat dan bahan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.
multimedia dapat digunakan dengan bentuk tutorial, simulasi, dan pengolahan
data.
Pemilihan Media Pembelajaran
prinsip yang perlu
diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu (Raharjo):
1.
Harus ada
kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran
2.
Karakteristik
Media Pembelajaran (familiaritas media), Setiap media pembelajaran mempunyai
karakteristik
3.
Alternatif
Pilihan, yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau
dikompetisikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar