BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER
Pendekatan Belajar
Berbasis Aneka Sumber
Proses pengembangan kognitif tingkat tinggi (quality thinking skills)
dan interpersonal skills yang diperlukan menghadapi tuntutan masa depan bukan
berkenaan dengan apa yang menjadi perolehan lulusan tapi bagaimana perolehan
itu didapat.
Bentuk Sumber Belajar
Kriteria umum
dalam memilih berbagai sumber belajar:
1. 1. ekonomis.
2. 2. praktis dan sederhana.
3. 3. mudah diperoleh.
4. 4. bersifat fleksibel.
5.
5. komponen-komponennya
sesuai tujuan.
PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Jenis-jenis Media
Pembelajaran:
1. 1. Media Audio
2. 2. Media Visual
3. 3. Media Audio-Visual
4. 4. Media Multimedia
5. 5. Media Realita
Kriteria Media
Pembelajaran
Kriteria media
pembelajaran yang baik yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan media
adalah sebagai berikut:
1. 1. Jelas dan rapi.
2. 2. Bersih dan menarik.
3. 3. Cocok dengan sasaran.
4. 4. Relevan dengan topik yang diajarkan.
5. 5. Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
6. 6. Praktis, luwes, dan tahan.
7. 7. Berkualitas baik.
8. 8. Ukurannya sesuai dengan lingkungan belajar.
Prinsip Media
Pembelajaran
Secara umum,
prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut:
1. 1. Keseuaian. sesuai dengan tujuan pembelajaran karakteristik peserta didik dan materi yang dipelajari, serta metode atau pengalaman belajar yang diberikan kepada peserta didik.
2. 2. Kejelasan sajian
3. 3. Kemudahan akses
4. 4. Keterjangkauan. Keterjangkauan di sini berkaitan dengan aspek biaya (cost). Besar kecilnya biaya yang diperlukan untuk mendapatkan media adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan.
5. 5. Ketersediaan. Pada saat kita hendak mengajar dan dalam rancangan telah disebutkan macam atau jenis media yang akan dipakai, maka kita perlu mengecek ketersediaan media tersebut.
6. 6. Kualitas. dipilih media yang berkualitas tinggi. Misalnya, apabila kita memerlukan media video atau televisi, maka bentuk tulisan atau bentuk visual lainnya dapat dilihat dengan jelas, spesifikasi gambar dan suara harus jelas, fokus dan ukuran gambar sesuai dengan ruang kelas
7. 7. Ada alternatif. guru tidak tergantung hanya pada media tertentu saja. Artinya, andaikata media yang diharapkan tidak diperoleh dengan alasan tidak tersedia atau sulit dijangkau, maka gunakan media alternatif.
8. 8. Interactivitas. Media yang baik adalah yang dapat memberikan komunikasi dua arah secara interaktif
9. 9. Organisasi
10. 10. Kebaruan. media yang lebih baru lebih sesuai dengan kebutuhan stakeholder di lapangan kerja.
11. 11. Berorientasi siswa. perlu dipertimbangkan keuntungan dan kemudahan apa yang akan diperoleh siswa dengan media tersebut
Prosedur Pemilihan Media
Secara umum
pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:
Hambatan
pengembang dan pembelajaran yang meliputi
1. 1. faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang tersedia, waktu dan sumber-sumber yang tersedia.
2. 2. Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran.
3. 3. Hambatan dari sisi peserta didik dengan mempertimbangkan kemampuan danketrampilan awal.
4. 4. Faktor tingkat kesenangan lembaga, guru dan peserta didik serta efektivitasnya.
5. 5. Mempertimbangkan kemampuan mengakomodasi penyajian stimulus yang tepat, kemampuan mengakomodasi respon peserta didik yang tepat, kemampuan mengakomodasi umpan balik, pemilihan informasi atau stimulus dan untuk latihan atau tes.
6. 6. Media skunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran berhasil adalah yang menggunakan media yang beragam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar