Minggu, 07 Maret 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (bagian 3 aneka sumber belajar)

BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER

Pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber

Proses pengembangan kognitif tingkat tinggi (quality thinking skills) dan interpersonal skills yang diperlukan menghadapi tuntutan masa depan bukan berkenaan dengan apa yang menjadi perolehan lulusan tapi bagaimana perolehan itu didapat.

 

Bentuk Sumber Belajar

Kriteria umum dalam memilih berbagai sumber belajar:

1.      1. ekonomis.

2.      2. praktis dan sederhana.

3.      3. mudah diperoleh.

4.      4. bersifat fleksibel.

5.      5. komponen-komponennya sesuai tujuan.


PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

Jenis-jenis Media Pembelajaran:

1.      1. Media Audio

2.      2. Media Visual

3.      3. Media Audio-Visual

4.      4. Media Multimedia

5.      5. Media Realita

Kriteria Media Pembelajaran

Kriteria media pembelajaran yang baik yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan media adalah sebagai berikut:

1.      1. Jelas dan rapi.

2.      2. Bersih dan menarik.

3.      3. Cocok dengan sasaran.

4.      4. Relevan dengan topik yang diajarkan.

5.     5.   Sesuai dengan tujuan pembelajaran.

6.      6. Praktis, luwes, dan tahan.

7.      7. Berkualitas baik.

8.      8. Ukurannya sesuai dengan lingkungan belajar.

Prinsip Media Pembelajaran

Secara umum, prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut:

1.      1. Keseuaian. sesuai dengan tujuan pembelajaran karakteristik peserta didik dan materi yang dipelajari,       serta metode atau pengalaman belajar yang diberikan kepada peserta didik.

2.      2. Kejelasan sajian

3.      3. Kemudahan akses

4.    4. Keterjangkauan. Keterjangkauan di sini berkaitan dengan aspek biaya (cost). Besar kecilnya biaya          yang diperlukan untuk mendapatkan media adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan.

5.   5. Ketersediaan. Pada saat kita hendak mengajar dan dalam rancangan telah disebutkan macam atau           jenis media yang akan dipakai, maka kita perlu mengecek ketersediaan media tersebut.

6.      6. Kualitas. dipilih media yang berkualitas tinggi. Misalnya, apabila kita memerlukan media video atau      televisi, maka bentuk tulisan atau bentuk visual lainnya dapat dilihat dengan jelas, spesifikasi gambar dan suara harus jelas, fokus dan ukuran gambar sesuai dengan ruang kelas

7.      7. Ada alternatif. guru tidak tergantung hanya pada media tertentu saja. Artinya, andaikata media yang     diharapkan tidak diperoleh dengan alasan tidak tersedia atau sulit dijangkau, maka gunakan media         alternatif.

8.      8. Interactivitas. Media yang baik adalah yang dapat memberikan komunikasi dua arah secara interaktif

9.      9. Organisasi

10.  10. Kebaruan. media yang lebih baru lebih sesuai dengan kebutuhan stakeholder di lapangan kerja.

11.  11. Berorientasi siswa. perlu dipertimbangkan keuntungan dan kemudahan apa yang akan diperoleh              siswa dengan media tersebut

Prosedur Pemilihan Media

Secara umum pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Hambatan pengembang dan pembelajaran yang meliputi

1.      1. faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang tersedia, waktu dan sumber-sumber yang tersedia.

2.      2. Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran.

3.      3. Hambatan dari sisi peserta didik dengan mempertimbangkan kemampuan danketrampilan awal.

4.      4. Faktor tingkat kesenangan lembaga, guru dan peserta didik serta efektivitasnya.

5.  5. Mempertimbangkan kemampuan mengakomodasi penyajian stimulus yang tepat, kemampuan mengakomodasi respon peserta didik yang tepat, kemampuan mengakomodasi umpan balik, pemilihan informasi atau stimulus dan untuk latihan atau tes.

6.      6. Media skunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran berhasil adalah yang menggunakan media yang beragam.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...