Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/
Paket B
Pos test 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila
1. Projek penguatan profil
Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual
kepada murid. Pernyataan di atas adalah ...
A. Benar
B. Salah
Jawabannya : A. Benar
2. Terdapat 4 prinsip
dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.
Prinsip manakah yang
berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan
pembelajarannya ?
A. Holistik
B. Kontekstual
C. Berpusat pada murid
D. Eksploratif
Jawabannya : C. Berpusat
pada murid
3. Setelah mendapatkan
tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini.
Kemudian, tim fasilitator
projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan dilihat
dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan ?
A. Merumuskan pertanyaan
pemantik dalam setiap kegiatan projek
B. Menetapkan tanggal
perayaan hasil belajar projek
C. Menghubungi mitra mitra
terkait
D. Menentapkan dimensi,
elemen, dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik
Jawabannya : D.
Menentapkan dimensi, elemen, dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik
Pos test
2 Tema Projek SMP/ SMA
1. Kegiatan projek
menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek
disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak
dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator
ketercapaian kemampuan murid.
Pernyataan diatas
adalah...
Jawab : Benar
2. Manakah yang bukan
termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah?
Jawab : Kewirausahaan
dan Budaya Lokal
3. Satuan Pendidikan
tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen.
Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku.
Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para
murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil?
Jawab : Bhinneka
Tunggal Ika
4. Pada Sekolah Dasar
(SD) terdapat beberapa tema yang dapat diambil dalam kegiatan projek,
kecuali...
Jawab : Suara
demokrasi
5. Pak Ngakan dan tim
fasilitator projek sedang menyusun pembelajaran projek di SD Cipta Pesona.
Bagaimana sebaiknya mereka menyusun pelaksanaan tema projek dalam setiap fase?
Jawab : Pada fase A
kedalaman topik akan berfokus pada kegiatan praktik dan pemahaman sederhana
6. Contoh topik
manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema
"Bangunlah Jiwa dan Raganya?"
Jawab : Stop
perundungan dengan bermedia sosial yang bijak
7. Tema Suara
Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait...
Jawab : Kebebasan dan
perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang
lingkup sekolah
8. Terdapat kesaamaan
tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 2 tema
yang dikhususkan untuk SMK, yaitu...
Jawab : Budaya Kerja
dan Kebekerjaan
9. SMA Pattimura
mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim
fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema
apakah yang dapat diambil?
Jawab : Bangunlah Jiwa
dan Raganya
Pos test
3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
1. Bagaimana peran projek
sebagai asesmen ?
B. Dengan
kegiatan berproyek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara
holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja
2. Setiap pemangku
kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek
di satuan pendidikan.
Murid dan orang tua
bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang berpengaruh dalam projek.
Pernyataan di atas adalah ...
Jawabannya : B. salah
3. Ketika konsep
pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%). Dan pembelajaran berbasis
projek sudah menjadi kebiasaan sekolah, tetapi belum terjadi lintas disiplin
ilmu. Berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya ?
Jawabannya :
B. Tahap berkembang
4. Bu Meiske dan tim
fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F,
Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali ...
Jawabannya :
B. Memberikan kebebasan
bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap
5. Bu
Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan,
yaitu, tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, dan Gaya Hidup
Berkelanjutan. Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu
Loli dan tim fasilitator merasa tema Gaya Hidup Berkelanjutan sangatlah cocok
untuk dilakukan. Di sisi lain, Bangunlah Jiwa dan Raganya, juga menarik
untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim
fasilitasi projek lakukan untuk mengkomodir tema tema di atas ?
Jawabannya : D. Semua
benar
Pos test
4 Merancang Modul Projek SMP
1. Pak Lubis melihat
beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah.
Tetapi merasa butuh
penambahan alur kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih
panjang pada kegiatan eksplorasi.
Langkah apa yang bisa
dilakukan Pak Lubis dalam merancang modul projeknya ?
Jawabannya : C. Menambah
pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya
2. Pembuatan modul projek
bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan
masing masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada
dalam modul projek ...
Jawabannya : D. semua
benar
3. Pak Kiki melihat
beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan
memodifikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks
satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah
disediakan oleh pemerintah.
1. Modul projek memiliki 5
dimensi
2. Alur kegiatan projek
memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
3. Setiap kegiatan sudah
memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi modul
projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan
panduan projek ?
Jawabannya : A. Mengurangi
dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini.
4. Dalam satu tema projek,
disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus.
Dimensi dan elemen
diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase. Pernyataan di atas
adalah ...
Jawabannya : A. Benar
5. SD Merdeka telah melakukan asesmen
diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh
oleh daerah.
Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa
ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja
sebagai pekerja di sentra oleh oleh tersebut. Tema apakah yang cocok
diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu di atas ?
Jawabannya : A. Kearifan
lokal
6. Dalam merancang modul
projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah
memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil
pelajar Pancasila. Sebagai pendidikan kita dapat merubah alur projek
sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra. Pernyataan di atas adalah ...
Jawabannya : B. Salah
7. Bu Ganes sedang membuat
rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang
benar ?
Jawabannya : A. Bu Ganes harus
membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap
tingkatan penilaiannya
8. Penyelenggaraan
pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan
pemilihan tahunan Ketua OSIS dengan kegiatan projek murid, maka tema yang dapat
diambil oleh tim fasilitas projek adalah ...
Jawabannya : D. Suara
demokrasi
9. Sebelum memulai projek,
tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen.....untuk mengetahui kondisi dan
kebutuhan murid.
Jawaban yang tepat
melengkapi titik titik di atas adalah...
Jawabannya : B. Diagnostik
Pos test
5 Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K
1. Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia
nyata.
Maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif
sebagai bagian dari masyarakat.
Sebagai tim fasilitator projek. Hal yang dapat kita lakukan
adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek. Pernyataan
di atas adalah ...
Jawabannya : A. Benar
2.
Sebagai fasilitator projek, kita dapat memberikan keterampilan proses inkuiri
kepada murid murid untuk mendukung kegiatan projeknya. Berikut adalah tahapan
yang tidak termasuk dalam tahapan proses inkuiri, yaitu ...
Jawabannya : B. Bermain
3. Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid
murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya.
Mereka tidak dilibatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga
tidak tahu siapa saja aktor yang dilibatkan.
Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melalukan evaluasi
kepada murid sesuai dengan hasil akhir projeknya.
Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait
perayaan hasil belajar projek murid ?
Jawabannya : A. Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan
4. Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran
projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid.
Karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang
sudah ditetapkan oleh gurunya. Pernyataan di atas adalah ...
Jawabannya : B. Salah
5. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan
murid SD dalam proses belajarnya.
Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan
murid ...
Jawabannya : B. Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan
memberikan pertanyaan pemantik
6.
Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek ? Jawabannya : D.
Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya
7. Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat
membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri.
Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita
lakukan....
Jawabannya : C. Memberikan instruktur secara bertahap agar murid
terus merasa terlantang
8. Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik
rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses
pembelajarannya.
Jika tema yang diambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk
pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah ...
Jawabannya : D. Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu ?
Pos test
6 Dokumentasi Projek
1.
Sebagai guru, kita dapat membuat catatan untuk merekam proses pembelajaran
projek murid secara berkelanjutan. Catatan ini dinamakan ...
Jawabannya
: C. Jurnal pendidik
2.
Bagaimana pemilihan hasil karya untuk dimasukkan dalam portofolio murid ?
Jawabannya
: B. Murid yang memilih sendiri hasil karyanya yang dimasukkan ke dalam
portofolionya
3.
Berikut adalah contoh penulisan catatan proses dalam rapor projek murid. Contoh
penulisan yang tepat adalah ....
Jawabannya
: B. Randy dapat terus berkontribusi untuk menyumbangkan ide idenya dengan
dukungan guru dan teman teman
Pos test
7 Evaluasi Projek
1.
Berikut adalah prinsip evaluasi projek, kecuali ...
Jawabannya
: D. Tidak melibatkan murid dalam evaluasi
2.
Kapankah saat yang tepat untuk melakukan refleksi ...
Jawabannya
: D. Semua benar
3. SMA
Bintang juara telah selesai belajar projek. Bagaimana tindak lanjut evaluasi
dan keberlanjutan projek yang dapat dilakukan ?
Jawabannya
: A. Mengajak mitra luar untuk kerjasama meneruskan projek yang sudah dilakukan
oleh para murid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar