Rabu, 19 Oktober 2022

PMM topik Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B

 

Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B

Pos test 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila

1. Projek penguatan profil Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual kepada murid. Pernyataan di atas adalah ...

A. Benar

B. Salah

Jawabannya : A. Benar

2. Terdapat 4 prinsip dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. 

Prinsip manakah yang berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan pembelajarannya ?

A. Holistik

B. Kontekstual

C. Berpusat pada murid

D. Eksploratif

Jawabannya : C. Berpusat pada murid

3. Setelah mendapatkan tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini. 

Kemudian, tim fasilitator projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan dilihat dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan ? 

A. Merumuskan pertanyaan pemantik dalam setiap kegiatan projek

B. Menetapkan tanggal perayaan hasil belajar projek

C. Menghubungi mitra mitra terkait

D. Menentapkan dimensi, elemen, dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik

Jawabannya : D. Menentapkan dimensi, elemen, dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik

 

Pos test 2 Tema Projek SMP/ SMA

1. Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid.

Pernyataan diatas adalah...

Jawab : Benar

 

2. Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah?

Jawab : Kewirausahaan dan Budaya Lokal

 

3. Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil?

Jawab : Bhinneka Tunggal Ika

 

4. Pada Sekolah Dasar (SD) terdapat beberapa tema yang dapat diambil dalam kegiatan projek, kecuali...

Jawab : Suara demokrasi

 

5. Pak Ngakan dan tim fasilitator projek sedang menyusun pembelajaran projek di SD Cipta Pesona. Bagaimana sebaiknya mereka menyusun pelaksanaan tema projek dalam setiap fase?

Jawab : Pada fase A kedalaman topik akan berfokus pada kegiatan praktik dan pemahaman sederhana

 

6. Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya?"

Jawab : Stop perundungan dengan bermedia sosial yang bijak

 

7. Tema Suara Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait...

Jawab : Kebebasan dan perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang lingkup sekolah

 

8. Terdapat kesaamaan tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 2 tema yang dikhususkan untuk SMK, yaitu...

Jawab : Budaya Kerja dan Kebekerjaan

 

9. SMA Pattimura mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema apakah yang dapat diambil?

Jawab : Bangunlah Jiwa dan Raganya

 

Pos test 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

1. Bagaimana peran projek sebagai asesmen ? 

B. Dengan kegiatan berproyek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja

2. Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. 

Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang berpengaruh dalam projek. Pernyataan di atas adalah ...

Jawabannya : B. salah

3. Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%). Dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah, tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu. Berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya ? 

Jawabannya : 

B. Tahap berkembang

4. Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F, Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali ...

Jawabannya : 

B. Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap

5. Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan, yaitu, tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu Loli dan tim fasilitator merasa tema Gaya Hidup Berkelanjutan sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain, Bangunlah Jiwa dan Raganya, juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitasi projek lakukan untuk mengkomodir tema tema di atas ? 

Jawabannya : D. Semua benar

 

Pos test 4 Merancang Modul Projek SMP

1. Pak Lubis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah.

Tetapi merasa butuh penambahan alur kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih panjang pada kegiatan eksplorasi. 

Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Lubis dalam merancang modul projeknya ? 

Jawabannya : C. Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya

2. Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek ...

Jawabannya : D. semua benar

3. Pak Kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodifikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya.  Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah. 

1. Modul projek memiliki 5 dimensi

2. Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur

3. Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran

Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek ? 

Jawabannya : A. Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini.

4. Dalam satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus. 

Dimensi dan elemen diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase. Pernyataan di atas adalah ...

Jawabannya : A. Benar

 

5. SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh oleh daerah. 

Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu di atas ? 

Jawabannya : A. Kearifan lokal

6. Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sebagai pendidikan kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra. Pernyataan di atas adalah ...

Jawabannya : B. Salah

7. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar ? 

Jawabannya : A. Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya  

8. Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan Ketua OSIS dengan kegiatan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasilitas projek adalah ...

Jawabannya : D. Suara demokrasi

9. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen.....untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid. 

Jawaban yang tepat melengkapi titik titik di atas adalah...

Jawabannya : B. Diagnostik

 

 

 

 

Pos test 5 Pelaksanaan Projek SMP-SMA/K

1. Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata. 

Maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat. 

Sebagai tim fasilitator projek. Hal yang dapat kita lakukan adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek. Pernyataan di atas adalah ...

Jawabannya : A. Benar

2. Sebagai fasilitator projek, kita dapat memberikan keterampilan proses inkuiri kepada murid murid untuk mendukung kegiatan projeknya. Berikut adalah tahapan yang tidak termasuk dalam tahapan proses inkuiri, yaitu ...

Jawabannya : B. Bermain

3. Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya. 

Mereka tidak dilibatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga tidak tahu siapa saja aktor yang dilibatkan. 

Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melalukan evaluasi kepada murid sesuai dengan hasil akhir projeknya.

Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait perayaan hasil belajar projek murid ?

Jawabannya : A. Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan

4. Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid. 

Karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh gurunya. Pernyataan di atas adalah ...

Jawabannya : B. Salah

5. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan murid SD dalam proses belajarnya. 

Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan murid ...

Jawabannya : B. Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan memberikan pertanyaan pemantik

6. Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek ? Jawabannya : D. Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya

7. Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri. 

Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita lakukan....

Jawabannya : C. Memberikan instruktur secara bertahap agar murid terus merasa terlantang

8. Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses pembelajarannya. 

Jika tema yang diambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah ...

Jawabannya : D. Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu ?

 

Pos test 6 Dokumentasi Projek

1. Sebagai guru, kita dapat membuat catatan untuk merekam proses pembelajaran projek murid secara berkelanjutan. Catatan ini dinamakan ...

Jawabannya : C. Jurnal pendidik

2. Bagaimana pemilihan hasil karya untuk dimasukkan dalam portofolio murid ?

Jawabannya : B. Murid yang memilih sendiri hasil karyanya yang dimasukkan ke dalam portofolionya

3. Berikut adalah contoh penulisan catatan proses dalam rapor projek murid. Contoh penulisan yang tepat adalah ....

Jawabannya : B. Randy dapat terus berkontribusi untuk menyumbangkan ide idenya dengan dukungan guru dan teman teman

 

Pos test 7 Evaluasi Projek

1. Berikut adalah prinsip evaluasi projek, kecuali ...

Jawabannya : D. Tidak melibatkan murid dalam evaluasi

2. Kapankah saat yang tepat untuk melakukan refleksi ...

Jawabannya : D. Semua benar

3. SMA Bintang juara telah selesai belajar projek. Bagaimana tindak lanjut evaluasi dan keberlanjutan projek yang dapat dilakukan ?

Jawabannya : A. Mengajak mitra luar untuk kerjasama meneruskan projek yang sudah dilakukan oleh para murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...