Topik
Kurikulum Merdeka
Pos test 1 Kurikulum
1.
Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
Alternatif jawaban:
B. Salah
2.
Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang
akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu
sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.
Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu
mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...
Alternatif jawaban:
A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah
dilakukan
3.
Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
Alternatif jawaban:
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid
terhadap perubahan zaman
4.
Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan
kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau
melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau
berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena
materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat
menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan
level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap
murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah
lain.
Pendapat
yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
Alternatif jawaban:
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap
memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
5.
Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari
pemerintah adalah...
Alternatif jawaban:
B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik
yang berbeda
6.
Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan.
Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada
buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah
melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu
Sondang adalah...
Alternatif jawaban:
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik
pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya
7.
Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut
karakteristik satuan pendidikan adalah….
Alternatif jawaban:
D. semua benar
8.
Berdasarkan hasil analisis diagnostic dan suvey karakter, didapatkanbahwa murid
SMP Merdeka Belaajr secara uum memiliki karkakter sebagai berikut.
(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi
menengah ke bawha.
(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang
seni dan olah raga
Hal
berikut dapat dilakuakn sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid
dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…
Alternatif jawaban:.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah
Pos test 2 Kurikulum Merdeka
1. Untuk memberikan wawasan dan gambaran
yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan
datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan
projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat. Apakah hal yang dilakukan
oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih
komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
2. Capaian
pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai
dalam satu fase.
Benar
3. Belajar merupakan proses membangun
pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini
dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang
dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan
dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….
Konstruktivisme
4. Berikut
ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….
Seluruh murid hanya mempelajari
materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
5. Di awal
tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih
memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak
dilakukan Bu Sari adalah….
Memberikan pendampingan pada murid tersebut
6. Projek
penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri
(terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).
Salah
7. Salah
satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…
Mata pelajaran informatika
merupakan mata pelajaran wajib.
8. Contoh
penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….
Bu Linda melakukan asesmen awal
pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar