Kamis, 25 Januari 2024

LATIHAN SOAL GETARAN KELAS 8 SMP

 LATIHAN SOAL GETARAN

  1. Sentuhlah pangkal tenggorokanmu saat kamu mengucapkan salam. Apakah kamu merasakan sesuatu yang bergetar? Mengapa saat mulutmu mengeluarkan suara/bunyi, disertai dengan getaran pada tenggorokan?
  2. Semua benda akan bergetar apabila diberi gangguan/usikan. Benda yang bergetar dapat juga disebut sebagai benda yang berosilasi. Benda dikatakan bergetar/berosilasi jika ….
  3. apakah semua benda yang bolak-balik disebut bergetar? Saat kamu berjalan bolak-balik di depan kelas dapatkah disebut bergetar? Mengapa demikian?
  4. Waktu yang diperlukan suatu benda menempuh 1 kali getaran penuh disebut sebagai periode. Dilambangkan dengan huruf T dalam satuan detik. Sedangkan banyaknya getaran suatu benda yang terjadi selama satu detik disebut sebagai frekuensi. Dilambangkan dengan huruf f dan satuannya adalah Hertz. Periode dan frekuensi adalah parameter gelombang yang penting untuk diketahui dan dipahami. Tuliskan rumus hubungan anatar Periode dengan frekuensi….
  5. getaran sesungguhnya adalah bentuk energi gerak suatu benda. Sebagian besar fenomena getaran dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. berikan contoh getaran yang dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia ….
  6. buatlah gambar bandul yang digetarkan hingga memiliki satu getaran A-O-B-O-A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAMPURAN

C .     Campuran Campuran adalah gabungan dua atau lebih zat yang tidak bereaksi secara kimia dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Cam...